+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Pantai Sadeng adalah salah satu pantai selatan Jogja yang memiliki cerita dan sejarah yang menarik. Cerita dan sejarah ini bisa menggambarkan bagaimana proses yang dilalui hingga Pantai Sadeng Jogja bisa menjadi salah satu pantai dengan fungsi dan daya tariknya saat ini.

Obyek-obyek wisata di Jogja memang terkenal khas dengan budaya dan sejarahnya. Namun tidak sedikit obyek-obyek wisata Jogja yang modern dan mengikuti perkembangan zaman. Dari berbagai jenis obyek wisata yang menarik inilah Jogja menjadi ramai terutama pada masa-masa berliburan oleh para pengunjung dari luar daerah.

Fasilitas wisata yang ada juga sangat mendukung. Fasilitas seperti sewa mobil Jogja, sangat memberikan kenyamanan kepada para konsumen untuk berkunjung ke lokasi-lokasi wisata dan antar-jemput dari dan ke mana saja di area Jogja dan sekitarnya.

Pantai Sadeng menjadi salah satu yang recommended untuk dikunjungi di Jogja. Apa saja daya tarik dan keunikan yang bisa ditemukan di obyek wisata yang satu ini? Simak berbagai ulasan informasi terkait Pantai Sadeng berikut ini.

Lokasi Pantai Sadeng

Pelabuhan Ikan Pantai Sadeng, sumber ig gunungkidulsosmed
Pelabuhan Ikan Pantai Sadeng, sumber ig @gunungkidulsosmed

Pantai Sadeng saat ini menjadi bukti keindahan dari Gunung Kidul Yogyakarta, yang tidak pernah habis memberikan beraneka ragam lokasi wisata, termasuk wisata pantainya yang indah. Bagi anda yang belum mengetahui lokasinya, sebenarnya lokasi ini cukup mudah untuk diakses baik menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dari berbagai daerah di Yogyakarta.

Pantai ini berada di Desa Songbanyu dan Desa Pucung, Kabupaten Gunung Kidul, untuk anda yang berangkat dari Pusat Kota Daerah Istimewa Yogyakarta, jaraknya memang cukup jauh akan memakan sekitar 80 km jauhnya. Sedangkan, untuk anda yang beranglat dari Wonosari jaraknya akan berkurang sedikit, sekitar 56 km menuju ke lokasi pantai.

Jika anda tidak memiliki kendaraan pribadi, anda tidak perlu khawatir karena ada kendaraan umum yang bisa mengantarkan anda ke lokasi. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu melanjutkan perjalanan dari Wonosari yang dilanjutkan ke arah Semanu kemudian ke arah Rongkop, untuk anda yang membawa kendaraan pribadi fasilitas parkir disana sudah memadai dan memakan biaya sekitar 5 ribu Rupiah.

Sejarah Geografis Dibalik Pesona Pantai Sadeng

Pantai Sadeng, sumber ig hs_nay
Pantai Sadeng, sumber ig @hs_nay

Ternyata dibalik keindahan alamnya, lokasi wisata ini memiliki nilai sejarah yang kuat dari sebuah bukti yang ada di kontur pantainya. Pantai ini ternyata menjadi sebuah akhir dari aliran Sungai Bengawan Solo Purba, menurut warga sekitar air dari sungai ini sudah mengalir sekitar 4 juta tahun yang lalu, meski saat ini aliran air dari Sungai Bengawan Solo Purba tersebut sudah berhenti mengalir sampai ke laut.

Hal ini disebabkan oleh adanya pergerakan lempeng Australia yang membuat dataran pulau terangkat, hingga akhirnya menyebabkan arus air dari sungai berhenti melewati jalur, karena tertutup oleh lempengan tanah. Inilah nilai sejarah yang sampai saat ini tidak bisa hilang dari kepercayaan masyarakat, bahkan ada banyak sekali bukti geologi dari keringnya aliran sungai di dekat pantai yang membuat bukti semakin kuat.

Jika ingin melihat bukti dari adanya aliran air sungai ini, anda bisa melihatnya dari kontur sisa liran air yang ada di dekat pantai. Jika anda berkendara ke pantai ini, anda bisa melihat bukti dari nilai sejarah tersebut yang ada disepanjang perjalanan, ketika anda sedang berada di perjalanan anda akan disuguhkan dengan perbukitan kapur di sekitar lokasi, meskipun jalur itu sudah tidak dialiri air lagi.

Menikmati Wisata di Pantai Sadeng

Jika anda ingin memulai perjalanan ke obyek wisata ini, anda akan disuguhkan dengan beberapa pemandangan yang sangat indah, sebagai salah satu bukti sejarah dari pantai ini. Ketika dijalan anda akan melihat adanya Telaga Suling, diyakini sebagai salah satu sisa dari aliran air Sungai Bengawan Solo Purba, ternyata telaga ini sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang akan berkunjung ke pantai.

Pantai Sadeng, sumber ig karimatulluthfiani
Pantai Sadeng, sumber ig @karimatulluthfiani

Jangan lupa untuk berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan, atau untuk berfoto bersama keluarga dan teman di lokasi. Ternyata sisa aliran air dari Sungai Bengawan Solo Purba itu mampu menyediakan, keindahan alam yang tidak terlupakan dengan nilai sejarahnya yang kental, bahkan jarak dari lokasi ke sungai tersebut juga tidak jauh hanya sekitat 7km saja.

Selain menjadi lokasi wisata, ternyata lokasi yang menjadi sisa aliran dari sungai tersebut memberikan kegunaan untuk masyarakat. Karena sisa aliran sungai tersebut mampu menjadikan tanah disekitarnya menjadi subur, hingga saat ini masyarakat menggunakannya sebagai salah satu lokasi untuk bercocok tanam, untuk tumbuhan yang ditanam disekitar lokasi adalah tanaman palawija.

Nama : Pantai Sadeng
Lokasi : Songbanyu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883
Peta : https://goo.gl/maps/CXE2Bi8gTs1Rxt6q7

Itu dia berbagai ulasan terkait informasi menarik tentang Pantai Sadeng. Semoga bisa menambah koleksi informasi wisata dan referensi berwisata Anda di Jogja. Simak berbagai info menarik lainnya tentang pantai di Gunung Kidul di halaman jogjacar.com. Selamat menikmati aktivitas wisata Anda.