Malioboro, sudut kota Jogja dengan sejuta pesona. Pesonanya senantiasa membuat rindu para pelancong. Tak hanya menawarkan fasilitas wisata yang lengkap, Malioboro ramai akan kuliner yang serba murah dan enak, serta keramahan penduduknya yang menghangatkan hati. Bahkan, musisi ternama Indonesia, Kla Project, mengabadikan pesonanya pada bait lagu “Yogyakarta”. Di persimpangan langkahku terhenti / Ramai kaki lima / Menjajakan sajian khas berselera / Orang duduk bersila.

Tulisan ini merupakan pelengkap dari ulasan kuliner dekat Malioboro yang pernah kami tulis. Baik, tanpa memperpanjang kata, silahkan simak mana saja tempat makan murah di Jogja dekat Malioboro berikut ini:

1. Gudeg Yu Djum

Gudeng Yu Djum adalah gudeg Jogja yang paling legendaris. Kenikmatannya tak perlu diragukan lagi. Cita rasanya yang khas lantaran proses pengolahannya masih menggunakan tungku kayu bakar. Untuk menikmati gudeg ini, Anda bisa langsung makan di tempat atau dibawa pulang. Tak hanya lezat, satu porsi gudeg seharga Rp. 25.000,00 – Rp. 35.000,00. Gudeg Yu Djum terletak di Jalan Wijilan No.31 Panembahan, Kraton, Panembahan, Yogyakarta, Kota Yogyakarta dengan jam operasional pukul 06.00 – 22.00 WIB. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak video berikut ini.

2. Soto Ayam 61

Soto Ayam yang berdiri pada tahun 1976. Tempat makan murah di Jogja dekat Malioboro ini, kelezatannya selalu diburu oleh wisatawan. Perpaduan antara kaldu yang gurih, rempah-rempah, serta bahan yang masih segar, menghasilkan rasa yang begitu lezat. Hanya dengan Rp10.000,00 – Rp15.000,00 saja, Anda sudah bisa menikmati satu porsi soto ayam legendaris ini. Soto Ayam 61 berada di Jl. Ahmad Yani No.61, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta dengan jam operasional pukul 07.00 – 19.00 WIB.

3. Angkringan Lek Man

Berkunjung ke Malioboro, tak lengkap jika belum berkunjung ke angkringan. Salah satu tempat makan murah di Jogja dekat Malioboro yang terkenal adalah Angkringan Lek Man. Walaupun tempatnya tidak cukup luas, namun menu yang ditawarkan cukup banyak. Menu sego kucing (nasi kucing), aneka macam sate, aneka gorengan, serta aneka wedang dapat dinikmati dengan harga terjangkau. Angkringan Lek Man berada di Jalan Wongsodirjan, sebelah utara Stasiun Tugu, dan buka antara pukul 18.00 – 00.00 WIB.

4. Nasi Goreng Beringharjo

Tempat makan murah di Jogja dekat Malioboro yang populer lainnya adalah Nasi Goreng Beringharjo. Variasi nasi goreng serta perpaduan khas rasa antara bumbu masakan Jawa dengan Oriental akan memanjakan lidah Anda. Buka mulai pukul 18.00 WIB, nasi goreng legendaris ini, Anda bisa berkunjung ke Jalan Mayor Suryotomo No. 7, Gondomanan, Ngupasan, Gondomanan.

5. Bakmi Jawa Mbah Hadi

Bagi Anda pecinta bakmi, Bakmi Jawa Mbah Hadi menawarkan kelezatan yang memanjakan lidah Anda. Menu bakmi goreng maupun bakmi godhog (rebus) diolah dengan bumbu-bumbu kaya rempah ala Jawa. Kuliner bakmi ini berada di Jalan C. Simanjuntak 1, Gondokusuman.

Lumpia Sami Jaya, sumber ig ransel_munajat

Lumpia Sami Jaya, sumber ig @ransel_munajat

6. Lumpia Sami Jaya

Lumpia Sami Jaya merupakan salah satu tempat makan murah di Jogja dekat Malioboro favorit bagi penikmat lumpia. Sejak berdiri pada tahun 70-an, lumpia ini selalu dicari karena harganya dibawah Rp. 5.000,00, dengan rasa yang luar biasa. Varian lumpia dengan isi ayam dan istimewa dengan telur puyuh bacem selalu habis diserbu pengunjung. Lokasi Lumpia Sami Jaya ini di Jalan Malioboro No. 18, Kota Yogyakarta.

7. Terang Bulan

Berada di depan Toko Terang Bulan, Malioboro, kuliner ini dinamakan dengan Terang Bulan. Dengan konsep lesehan, tempat makan ini menawarkan menu ayam goreng, bebek goreng, dan burung dara goreng. Menu ini terasa begitu spesial karena disajikan dengan nasi hangat dan sambal pedas nikmat. Buka mulai pukul 21.00 WIB,Terang Bulan terletak di Jl. Malioboro No.8, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

Penasaran dengan wisata kuliner rasa bintang lima namun harga kaki lima? Segera rencanakan liburan Anda ke Jogja! Demikian ulasan singkat mengenai kuliner murah namun berkualitas di Jalan Malioboro. Simak ulasan tentang wisata Jogjakarta lainnya di halaman ini. Ingat, tetaplah waspada dimanapun Anda berada dan mari kita jaga lingkungan kita bersama. Selamat mencoba!