+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Embung Banjaroya merupakan salah satu dari beberapa embung yang akhir-akhir ini mulai banyak dijumpai di Yogyakarta. Secara administratif, Embung Banjaroya terletak di Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten KulonProgo. Tidak jauh berbeda dengan Waduk Mini “Kleco”, obyek wisata Embung Banjaroya ini juga menawarkan hijaunya pemandangan perbukitan menoreh. Ketika cuaca sedang cerah, kita dapat menyaksikan Gunung Merapi dan Merbabu yang berdiri gagah di kejauhan. Dibandingkan dengan embung lainnya, obyek wisata Embung Bajaroya ini luasan kawasannya tergolong kecil. Landmark yang dibangun dan ingin ditunjukkan kepada wisatawan berupa replika buah durian besar terbuat dari semen yang dapat kita jumpai ketika masuk ke kawasan embung. Replika ini menunjukkan bahwa Kalibawang merupakan salah satu sentra buah durian terbaik di perbukitan menoreh. Ketika musim durian tiba, sering diadakan festival durian di daerah Kalibawang ini

Waduk Mini Kalibawang atau Embung Banjaroya merupakan wisata alam berbentuk waduk berukuran mini yang ada dan dibangun di daerah kalibawang, perbukitan menoreh kulon progo yogyakarta. Wisata alam ini letaknya di Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten KulonProgo, Yogyakarta. Tepatnya di Kulon Progo bagian utara. Seperti Waduk Mini Kleco yang ada di Girimulyo, waduk mini ini juga berada di daerah perbukitan. Jika cuaca cerah di pagi hari maupun sore hari melalui waduk ini kita dapat melihat Gunung Merapi dan Merbabu lebih dekat. Di sore hari kita dapat menikmati matahari terbenam, walaupun matahari tertutup oleh bukit saat terbenam, tapi kita dapat menikmati senja sore hari.

Aksesibilitas

Obyek wisata ini dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Setelah melewati jalan kalibawang – magelang dan masuk ke dalam, kondisi jalan mulai naik turun dan tidak terlalu lebar namun masih dalam batas nomal/aman.

Sunrise di embung Banjaroya Kulon Progo, sumber ig @antox_dello

Sunrise di embung Banjaroya Kulon Progo, sumber ig @antox_dello

Rute menuju lokasi (dari Jogja)

Jalan Godean – Jembatan sungai progo – Perempatan Kenteng (ambil kanan arah Kalibawang) – Lampu Merah Perempatan Tugu Dekso (lurus) – Jalan Kalibawang Magelang – Rest Area Pasar Bendo, Dusun Potronalan (kiri jalan), masuk – ikuti jalan, lurus – Embung Banjaroya.

Waktu terbaik untuk berkunjung

Pagi dan sore hari merupakan waktu terbaik untuk berkunjung. Para wisatawan dapat menikmati sunrise maupun suasana sore yang cukup menarik di kawasan ini jika cuaca sedang cerah. Background berupa Gunung Merapi dan Merbabu akan menambah suasana pagi dan sunrise di kawasan ini semakin indah. Saya sarankan jangan berkunjung pada tengah hari. Hal ini karena embung sangat terbuka, sedikit pepohonan, dan hanya terdapat satu gazebo yang dapat digunakan untuk berteduh.

Spot wisata terdekat lainnya

Gardu Pandang Puncak Suroloyo dan Sendangsono

Obyek wisata ini cocok sebagai tempat berwisata bersama keluarga maupun remaja yang ingin menikmati keindahan alam. Ada yang menarik di waduk mini ini, yaitu terdapat patung durian berukuran besar yang diletakkan di pintu masuk waduk. Patung ini digunakan sebagai simbol bahwa daerah kalibawang adalah sentra durian menoreh terbaik. Jika musim durian tiba, sering diadakan festival durian di daerah kalibawang ini. Untuk rute jalan menuju Embung Kalibawang ini lebih mudah daripada waduk mini Kleco.Driver driver Rental mobil jogja paham betul lokasi tersebut. Perjalanan menuju Embung Banjaroya saya lakukan berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo dan juga Puncak Kendeng terlebih dahulu. Saya tiba di obyek wisata ini sekitar pukul 11 siang dengan kondisi cuaca yang sangat panas.

Nama : Embung Banjaroya
Alamat : Jl. Kalibawang-Sendang Sono, Tomogoro, Banjaroyo, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55672
Peta : https://goo.gl/maps/6Phy8RSepR62

Terimakasih telah berkunjung salam untuk membaca artikel tentang embung Banjaroya ini. Bisa jadi ada sahabat semua yang menginginkan berkunjung kesana. Kami dari jasa rental mobil Jogja Car senantiasa menyiapkan armada untuk dapat memenuhi kebutuhan wisata Anda di Yogyakarta. Selamat berlibur yah, semoga menyenangkan selalu.