+62 811-258-168 noto.djogja@gmail.com

Cenderamata kaos- Cenderamata merupakan sesuatu benda yang biasanya dibawa oleh seorang yang berada dalam suatu perjalanan atau berkunjung dari suatu tempat dan kembali pulang ke rumahnya untuk di bawa menjadi kenang-kenangan dan semacamnya. Dalam bahasa Indonesia, istilah tersebut tak jarang disinonimkan dengan istilah seperti suvenir, tanda mata (cenderamata kaos), oleh-oleh, kenang-kenangan dan lain sebagainya.

Cenderamata bisa bisa berbentuk bermacam- macam pakaian seperti cenderamata kaos, topi, gantungan kunci, peralatan rumah tangga dan lain sebagainya. Untuk di Jepang sendiri, bentuk cenderamata khas Jepang dikenal sebagai meibutsu (cenderamata yang dihibingkan dengan kawasan tertentu), omiyage, dan lain sebagainya.

Tips Memilih Cenderamata Kaos

Penting sekali Anda mengetahui terkait tips memilih cenderamata kaos sebelum memutuskan untuk membeli kaos tersebut untuk oleh-oleh ataupun hanya sekedar untuk konsumsi pribadi. Dibawah ini, kami sajikan beberapa tips memilih kaos :

Cenderamata kaos khas jogja, sumber : tribun.com
Cenderamata kaos khas jogja, sumber : tribun.com

1. Perhatikan Bahannya

Ketika Anda membeli kaos yang berbahan dasar katun combed 24s dimana bahannya tidak terlalu tebal tidak terlalu tipis, biasanya untuk kaos saya sarankan katun combed 24s atau 30S. Karena itu akan lebih nyaman saat Anda pakai Bagaimana memilih bahan kaos, bukan hanya bagus tapi nyaman. Ada beberapa bahan kaos yang pertama ada katun bahannya bahan katun bahan katun dibedakan menjadi 2 katun combed dan katun Kardin jangan salah pilih kalau Anda memilih bahan kaos katun saya sarankan untuk memilih bahan katun combed karena itu enak dipakai nyaman dan menyerap keringat.

Kenapa tidak katun carded karena katun carded itu memiliki sifat kurang halus, di pakaiannya sedikit kasar dan kurang nyaman, walaupun bahanya dapat menyerap keringat tetapi bahannya agak kasar karena tidak melewati mesin combing dalam proses pemintalannya. Jadi bahan atau benangnya untuk kainnya itu agak kasar, oleh karena itu saya sarankan untuk katun combed.

Bahan kaos yang kedua adalah polyester, yang sifatnya kurang menyerap keringat tapi punya keunggulan tahan kusut. Biasanya dipakai untuk bahan kerudung, makanya kalau bahan kerudung itu susah untuk disetrika karena bahannya polyester, biasanya yang dipakai atau nomor benang yang dipakai dalam proses polyester adalah nomor 30 dan 40.

Bahan yang ketiga adalah viskos atau rayon, yang mana sifat rayon ini dapat menyerap keringat dan memiliki keunggulan warna kain yaitu lebih cerah lebih berkilau tapi diingat, rayon ini bahan bakunya sangat mahal. Jadi agak jarang di pasaran tapi kalau Adapun harganya cenderung mahal, ini karena bahanya dapat menyerap keringat dan enak dipakai.

Selanjutnya ada bahan TC, adalah teteron Sekaten atau teteron katun Sebenarnya ini adalah polyester dicampur dengan katun sifat kainnya nyaman dipakai dan tentunya tidak mudah kusut jadi memperbaiki sifat yang ada di bahan katun dan bahan polyester karena bahan katun itu mudah kusut, sedangkan untuk polyester tidak mudah kusut jadi tetap menyerap keringat dan tidak kusut itu keunggulan dari bahan teteron katun atau TC. Bahan ini juga digunakan oleh para pengusaha konveksi jersey.

Bahan yang kelima yaitu bahan kaos CVC, yakni campuran dari karton atau katun dengan diskon atau rayon jadi nantinya bahan kainnya atau bahan kaos nya itu menyerap keringat dan lebih lembut dan nanti penampakan kainnya itu akan lebih berkilau. Akan tetapi untuk harganya jangan ditanya lagi, harga jenis kain ini memiliki harga yang terbilang cukup mahal.

Bahan yang keenam ada yang namanya teteron rayon atau tiar tiar ini campuran dari polyester dan rayon sifatnya lebih tahan kusut namun lebih susah menyerap keringat tapi lebih baik lah daripada polyester warna kainnya lebih bagus lebih berkilau. Di pasaran banyak juga yang jualan bahan tetoron rayon, Jadi sekarang tinggal dipilih saja setiap bahan itu memiliki karakteristik atau kelebihan dan kekurangannya masing-masing tentunya.

Dia ini campuran dari polyester dan rayon sifatnya lebih tahan kusut namun lebih susah menyerap keringat tapi lebih baik lah daripada polyester warna kainnya Lebih bagus lebih berkilau di pasaran banyak juga yang jualan bahan tetoron rayon ya Jadi sekarang tinggal dipilih saja setiap bahan itu memiliki karakteristik atau kelebihan dan kekurangannya masing-masing tentunya tinggal Anda yang memilih mau bahannya bahan apa tapi tips dari saya Kalau anda ingin memilih bahan kaos ya lihat dulu nomor benangnya berapa 2420 30/40 n-nya saya sarankan sih antara 24 atau 30 karena kalau 40 itu akan lebih tipis.

Macam-macam bahan kaos, sumber : google.com
Macam-macam bahan kaos, sumber : google.com

2. Merek Kaos

Untuk tips yang kedua yakni terkait merek atau brand kaos. Penting sekali Anda melihat brand sebelum memilih untuk membeli kaos. Biasanya di setiap brand atau merek kaos menawarkan produk dengan model yang berbeda-beda. Tak jarang juga masing-masing brand membuat kemasan menarik agar dapat menarik konsumen. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih brand kas berdasarkan keinginan dan kebutuhan Anda.

Selain itu pilihlah brand yang sudah terbukti memiliki kulitas yang bagus, tapi itu biasanya berbanding lurus dengan harga yang mereka tawarkan. Semakin terkenal suatu brand, semakin mahal pula harganya. Untuk di Jogja sendiri, Anda bisa temukan berbagai macam brand kaos seperti oblong Jogja, central t-shirt, apamethe & Gayeng, Mlaku-Mlaku Oblong dan lain sebagainya. Dan jangan lupa juga, ketika Anda memutuskan liburan di Jogja, Anda juga bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata seperti Wisata Masjid Gede Kauman, pantai parang teritis, malioboro, dan lain sebagainya.

Merek kaos khas Jogja, sumber : google.com
Merek kaos khas Jogja, sumber : google.com

Demikianlah artikel yang dapat kami sajikan, berkenaan dengan cendeeramata kaos dan tips memilihnya. Jangan lupa untuk membaca artikel kami lainya seperti Wisata air terjun di Jogja. Sekian dan terimakasih.