X
    Categories: RENTAL MOBILWISATA

Wisata Menarik di Jogja untuk Anda, inilah hal yang banyak dicari kebanyakan orang. Di kota Jogjakarta, terdapat sebuah tempat wisata yang bernama Candi Plaosan. Candi ini dibangun Rakai Pikatan dengan memiliki beberapa keunikan dibanding candi lain. Yaitu dua candi utamanya yang “kembar” serta teras yang permukaannya halus. Di Candi Plaosan juga terdapat figur Vajrapani, Amitbha, dan Prajnaparamitha yang merupakan peninggalan ciri khas dari bangunan ini.

Wisata Mearik di Jogja

Pilihan terbaik pada Wisata Menarik di Jogja ini, mungkin bisa menjadi jadwal liburan tahun baru yang akan datang. Anda tidak perlu terburu-buru kembali ke penginapan sesudah berkunjung ke Candi Prambanan. Sebab tidak jauh dari candi Hindu tercantik di dunia Anda bisa datang ke candi-candi lain yang tidak kalah menariknya. Dengan melaju ke utara sejauh 1 km, Anda akan menemui Candi Plaosan. Sebuah candi yang dibangun oleh Rakai Pikatan untuk permaisurinya, Pramudyawardani.

Terletak di Dusun Bugisan Kecamatan Prambanan, arsitektur candi ini merupakan perpaduan Hindu dan Budha. Kompleks plaosan adalah bangunan bersejarah yang terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu Candi Plaosan lor dan Candi Plaosan Kidul. Patung di Candi Plaosan bisa dikatakan sangat lembut dan tertata, seperti yang ditentukan pada Candi Borobudur, Sewu, dan Candi Sari. Candi Plaosan,tidak jauh dari kompleks Candi Prambanan.

Jarak antara Candi Plaosan dan Candi Prambanan berjarak cukup dekat sekitar 2 kilometer ke Timur sehingga  memudahkan untuk mengakses kedua lokasi ini. Meski letak candi Plaosan di dekat Candi Prambanan yaitu candi Hindu terbesar di Indonesia, kedua candi tersebut memiliki penampilan  tidak jauh berbeda. Candi Plaosan adalah Candi peninggalan Budha.

Sejarah Candi Plaosan

Menurut para ahli Candi Plaosan merupakan candi Budha yang mungkin dibangun dalam perjalanan pemerintahan Rakai Pikatan dari kerajaan Hindu Mataram. Pendapat ini juga didukung oleh banyak ilmuwan sejarah yang meneliti peninggalan – peninggalan kuno di Indonesia.

Di dalam prasasti itu disebutkan bahwa Candi Plaosan Lor dibangun melalui Ratu Sri Kahulunan, dengan dibantu oleh suaminya. Sri Kahulunan berubah menjadi gelar Pramodhawardani, anak perempuan Raja Samarattungga dari Wangsa Syailendra, Yaitu Putri yang memeluk agama Budha, menikah dengan Rakai Pikatan dari Wangsa Sanjaya, yang berubah menjadi Hinduisme.

Pendapat alternatif pada perbaikan Candi Plaosan adalah candi tersebut dibangun di hadapan penguasa Rakai Pikatan. Menurut Dewi Anggraeni, Sri Kahulunan ibu Rakai Garung yang memerintah Mataram sebelum Rakai Pikatan. Karena sudah lama diprediksi lamanya negara Rakai Pikatan terlalu pendek untuk bisa membangun Candi Plaosan. Rakai Pikatan membangun candi tambahan setelah pembangunan candi induk.

Candi Plaosan Lor Kuil Plaosan Utara

Candi Plaosan Lor adalah kompleks percandian yang luas. Di depan komplek Plaosan Lor , ada dua pasang patung Dvarapala yang saling berhadapan, keduanya terletak di pintu masuk ke Utara dan sepasang di pintu masuk Selatan. Nah di lokasi ini yang menjadikan ciri khas Candi Plaosan sebagai tempat rekreasi di Jogja yang wajib dikunjungi.

Di Utara, ada teras batu berbentuk persegi yang dikelilingi deretan dasar batu . Diduga teras batu tersebut merupakan tempat menaruh sesaji. Juga ada yang mengatakan bahwa di atas bangunan taman itu terbuat dari kayu, sedangkan di atas masing-masing pangkal ada patung Dhyani Buddha.

Selain itu di tengah senyawa Plaosan Lor, ada sebuah bangunan memiliki dua tingkat yang merupakan Candi utama. Kedua bangunan tersebut menghadap ke Barat dan masing-masing dikelilingi oleh pagar batu. Dinding batu Lapisan masing-masing candi utama ini dikelilingi oleh candi-candi pelengkap yang  terdiri dari beberapa bilik yang lebih kecil persegi, dan puluhan bangunan stupa.

Di sisi barat pagar batu yang mengelilingi masing-masing bangunan utama , ada pintu gerbang Paduraksa, dengan atap yang dihiasi deretan Mahkota kecil. Di langit-langit gerbang Paduraksa memiliki bentuk persegi dengan mahkota di atasnya.

Masing-masing bangunan candi utama berdiri di atas kaki setinggi sekitar 60 cm. Di sepanjang dinding luar candi utama kedua dengan dihiasi relief yang menggambarkan pria dan wanita yang berukuran menyerupai ukuran manusia. Relief di dinding ada sebuah kuil selatan yang menggambarkan seorang laki laki dan di sebelah utara kuil menggambarkan seorang wanita.

Candi Plaosan Kidul atau Kuil Plaosan Selatan

Kuil Plaosan Selatan terletak di Selatan Kuil Plaosan Lor, yang dipisahkan oleh jalan raya. Ketika di kompleks candi Palosan Lor kedua candi utama masih berdiri dengan megah, sayangnya di kompleks Candi Plaosan Selatan yang candi utamanya sudah menjadi reruntuhan . Kuil yang masih berdiri hanyalah beberapa candi pelengkap saja. Tempat ini bisa menjadi Wisata Menarik di Jogja bagi Anda yang baru pertama kali mendatangi kota ini.

Jika melihat sekeliling candi, Anda akan tahu bahwa Candi Plaosan sebenarnya merupakan kompleks candi yang luas. Hal itu dapat dilihat dari adanya pagar keliling sepanjang ratusan meter dari utara ke selatan serta beberapa ratus meter dari barat ke timur. Selain itu kondisi di dalam pagar yang terdiri atas parit sepanjang hampir setengah kilometer dari utara ke selatan dan 270 m dari barat ke timur. Parit yang menyusun bagian dalam Candi itu bisa dilihat dengan berjalan ke arah timur melewati sisi tengah bangunan bersejarah ini.

Hal yang dapat dilakukan di Candi Plaosan

Wisata Etnis yaitu wisata yang mengamati ekspresi budaya dan gaya hidup masyarakat, berkunjung ke rumah penduduk setempat, melihat upacara adat, atau ritual keagamaan setempat. Pariwisata lingkungan juga melihat penekanan pada atraksi yang disiapkan oleh alam, Getting Back to Nature seperti fotografi, tracking dan sebagainya.

Apakah Candi Plaosan termasuk Wisata Menarik di Jogja juga merupakan wisata sejarah?

Wisata Sejarah adalah kegiatan wisata yang mengunjungi .tempat-tempat yang memiliki nilai keunikan sejarah. Dalam hal ini, Candi Plaosan termasuk di dalamnya. Mengingat potensi dan nilai historis yang dimiliki oleh Candi Plaosan. Mungkin dengan mengunjungi Candi ini Anda akan mendapat banyak ilmu dari berbagai relief dan peninggalan sejarah yang masih tersisa.

Transportasi umum

Dari Jogjakarta , naik bus atau bus Trans Jogja menuju Jogjakarta-Solo dan turun di Candi Prambanan. Dari Candi Prambanan , Anda bisa naik taksi Ojek atau sepeda motor populer yang ada di Indonesia, menuju Candi Plaosan.

Kendaraan pribadi

Dari Jogjakarta, Anda bisa mengikuti jalan Solo untuk sampai ke Kecamatan Prambanan di Jawa Tengah. Bila Anda menemukan lampu lalu lintas ketiga, sisi kiri kantor pos dan di sebelah Selatan ke Stasiun Prambanan, belok kiri menuju  Manisrenggo, Klaten. Kemudian ikuti jalannya sampai Anda melihat persimpangan dimana Kantor Pelestarian Peninggalan purbakala di Jawa Tengah berada di sisi kiri jalan atau barat. Silakan periksa ke arah Timur atau ke kanan karena di situlah letak Kuil Plaosan. Cukup mudah akses jalannya bukan, untuk Wisata Menarik di Jogja yang terbaik?