X
    Categories: TRAVELWISATA

Wisata Jogja yang Unik, Bikin Jantung bisa copot! dapat menjadi  tempat yang harus Anda kunjungi jika mendatangi kota Yogyakarta. Candi Ratu Boko sering disebut juga Kraton. Karena menurut legenda tempat tersebut merupakan istana Ratu Boko, ayah Lara Jonggrang. Kata ‘kraton’ berasal dari kata Ka-ra-tu-an yang berarti istana raja. Dalam bahasa jawa ratu buko berarti bangau raja.

Mengunjungi Gunung atau pantai tidak selalu menjadi pilihan dalam liburan Tahun baru, Namun mungkin dengan mendatangi Wisata Jogja yang Unik bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin berlibur. Saya menyarankan untuk mengunjungi Tempat Rekreasi Jogja ini, Anda dapat menghabiskan banyak waktu di Keraton Ratu Boko. Ratu Boko adalah bangunan yang diduga para ahli memiliki sejarah multi fungsi yang terdiri dari beberapa komponen, yaitu benteng istana dan gua. Lokasi Keraton Ratu Boko bisa ditempuh dengan dari jalan Solo, yang kurang lebih belasan km dari Prambanan. Pada beberapa tahun lalu, seorang peneliti dari luar yang pertama kali menemukan reruntuhan arkeologi di atas Ratu Boko Hill.
Bukit itu sendiri merupakan cabang barat laut sistem gunung Sewu yang lebih besar, yang terletak di bagian selatan Jawa Tengah dan Jawa Timur membentang antara Yogyakarta ke Tulungagung. Pada awal abad lalu, situs Ratu Boko telah diteliti secara mendalam oleh seorang peneliti. Kemudian mempublikasikan temuannya dalam sebuah laporan berjudul “Keraton Van Ratoe Boko”. Dari laporan ini menyimpulkan bahwa reruntuhan adalah sisa-sisa dari keraton istana.

Selama penelitian ini, Mereka juga menemukan sebuah patung manusia emas berkepala dan wanita merangkul satu sama lain. Sebuah pilar batu dengan hiasan tokoh zoomorphic di antaranya adalah gajah, kuda dan lain-lain, juga ditemukan di antara reruntuhan.
Abhayagiri Vihara prasasti adalah salah satu bukti tertulis beberapa ditemukan di situs Ratu Boko. Prasasti itu menyebutkan Tejahpurnapane Panamkarana atau Rakai Panangkaran dan juga disebutkan sebuah vihara yang terletak di atas dataran tinggi yang disebut Abhyagiri Wihara. Dari prasasti ini disimpulkan bahwa Raja Panangkaran pada periode dalam masa pemerintahannya berharap untuk perlindungan spiritual dan telah menciptakan menutup diri dari pertapaan Budha bernama Abhayagiri Wihara.

Rakai Panangkaran adalah pengikut yang saleh dari Buddha Mahayana, patung Dhyani Buddha ditemukan di situs yang dikonfirmasi sifat Buddha awal situs. Namun demikian, beberapa elemen Hindu juga ditemukan di tempat ini, seperti penemuan patung dewa ; Durga, Ganesha dan Yoni. .

Keunikan Candi Boko
Bagi Anda yang mau berkunjung ke tampat ini, namun kesulitan transportasi. Anda bisa mendatangi Rental Mobil di Jogja, sehingga lebih mudah untuk mengunjungi situs Boko di Jawa Tengah ini. Situs Ratu Boko memiliki karakter dan keistimewaan tersendiri. Sisa-sisa bangunan klasik Jawa Tengah Secara umum bentuk candi merupakan peninggalan di situs Ratu Boko yang tidak hanya berarti bangunan suci. Sifat keprofanan ditunjukkan oleh adanya jenazah. Dulunya merupakan hunian dengan pilar dan atap terbuat dari kayu, namun kini hanya sebagian bangunannya terbuat dari batu.
Selain bangunan yang mendemonstrasikan sifat suci dan profan. Di situs Ratu Boko juga ditemukan jenis bangunan lainnya, yaitu dalam bentuk kolam dan gua. Dilihat dari letaknya, bangunan di tempat Ratu Boko bisa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, yaitu: Gerbang Utama, kelompok Paseban, Pendapa, Keputren, dan Gua.

Kelompok Main Gate terletak di sebelah barat Gerbang Utama, talud, pagar, pembakaran candi dan reruntuhan. Kelompok ini terdiri dari dua rak, Talud dan Paseban. Kelompok pendapa terdiri dari Batur dengan Pringgitan yang dikelilingi pagar batu serta tiga gerbang sebagai pintu masuk, pura miniatur, serta beberapa kolam air yang di apit oleh pagar bundar lengkap serta gapura.
Kelompok perempuan berada di sebelah tenggara, terletak di halaman bawah dan terdiri dari dua rak, kolam persegi panjang, pagar dan gerbang. Kelompok ini terdiri dari Gua Wadon dan Lanang. Lokasi Istana Ratu Boko hanya beberapa menit ke arah selatan melewati Prambanan menuju pasar Piyungan yang bisa diakses oleh kendaraan manapun. Meski tidak dikenal dengan Borobudur dan Prambanan, Istana Ratu Boko ternyata menyimpan keunikan dan kemegahan istana. Bangunan dengan kelengkapan hampir sempurna mirip istana di negara lain. Ini membuktikan bahwa masyarakat Jawa kuno, telah mengembangkan arsitektur dan sosiologi masyarakat.

Candi Pembakara dan Sumur Suci
Candi ini memilki keunikan tersendiri karena di tempat ini ada beberapa abu yang terbakar. Selain itu kedalaman sumur beberapa meter pada musim kemarau. Saat itu, orang-orang menggunakan air dari Sumur Suci untuk upacara keagamaan di kuil pembakaran dan air dari sumur ini diyakini membawa keberuntungan bagi setiap orang yang menggunakannya. Bagi penganut Hindu menggunakan air dari sumur ini untuk merayakan Tawur Agung sehari sebelum Nyepi. Yang di gunakan untuk menyucikan diri dan memulihkan keharmonisan alam.

Paseban
Terdiri dari beberapa batur yang masing-masing memiliki panjang, lebar dan tinggi berbeda. Paseban dibangun bertatap muka. Sehingga tidak bisa diketahui apa fungsi paseban tersebut. Nama Paseban didasarkan pada analogi istana. Paseban adalah ruang tunggu bagi setiap orang yang ingin bertemu raja.

Pendopo
Gerbang pendapo sangat panjang, serta luas dan lebih tinggi dari batur dua batur pintu gerbang. Bagian dasar dan atapnya terbuat dari batu andesit tapi bodinya terbuat dari batu kapur halus. Ada dua batur di pintu gerbang yaitu utara dan selatan. Kedua batur itu terhubung ke lorong yang terbuat dari andesit. Pendopo adalah bangunan utama yang memiliki beberapa pilar dan dinding. Mungkin keunikan dari tempat rekreasi di Jogja ini yang menjadikan Keraton Ratu Boko ramai pengunjung. Umpak ini berfungsi sebagai alas tiang dari kayu. Karena pilar, dinding dan atapnya terbuat dari kayu yang mudah rusak seperti kayu dan sirap, maka tak ada bangunan yang tahan lama. Hanya pilar-pilar yang terbuat dari batu yang masih bagus sedangkan bagian lain yang terbuat dari kayu telah hilang.

Bagaimana dengan Penampilan Gua Ratu Boko yang Termasuk Tempat Rekreasi di Wisata Jogja yang Unik ?

Di situs candi Ratu Boko ada dua gua Mereka adalah Goa Lanang dan Wadon. Di sebut Goa Wadon karena ada relief yang menggambarkan alat kelamin wanita atau simbol yoni di pintu masuk. Simbol Yoni biasanya dilengkapi dengan Lingga atau penis laki-laki yang dianggap sebagai representasi
Siwa dengan prinsip Hindu. Kesatuan Yoni dan Lingga dianggap membawa kesuburan dan kesejahteraan. Gua ini diprediksi sebagai tempat bermeditasi pada saat itu.

Panorama
Ratu Boko terletak di dataran tinggi selatan Prambanan. Dari Candi Ratu Boko Anda bisa melihat keindahan Prambanan dan Gunung Merapi sebagai latar belakang. Panorama-panorama kota Yogyakarta terlihat di sebelah barat. Di sebelah selatan kita bisa melihat keindahan seribu perbukitan. Cukup memuaskan bukan tempat Wisata Jogja yang Unik yang saya sarankan ?