Home > RENTAL MOBIL > Tempat Rekreasi Di Jogja Terbaik untuk Anda

Tempat Rekreasi Di Jogja Terbaik untuk Anda

Tempat Rekreasi Di Jogja Terbaik untuk Anda, Yap mungkin ini yang Anda butuhkan dalam dalam pencarian tempat liburan yang terbaik. Terletak di Semanu, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, Gua Jomblang merupakan salah satu sorotan alam Yogyakarta. Gua Jomblang adalah satu dari 500 gua yang berada di kawasan ini, saya mengambil keputusan melakukan Teknik Rope Tunggal (SRT) untuk memasuki gua ini secara vertikal. Ada 3 pilihan kedalaman yang bisa dipilih pengunjung dengan yang terdalam sekitar 80m.

Tempat Rekreasi di Jogja
Tempat Rekreasi di Jogja

Mungkin dengan mengunjungi Gua Jomblang sebagai Tempat Rekreasi Di Jogja Anda akan menemukan adrenalin disini. Begitu sampai di bagian bawah pemandangan yang ditawarkan di bagian bawah gua itu megah dengan vegetasi padat, berbagai jenis lumut dan tanaman. Di ujung terowongan mungkin salah satu titik terbaik tempat ini saat Anda mulai melihat sinar matahari yang indah brsinar melalui atap gua Grubug.

Perjalanan menuju ke bagian bawah Goa Jomblang memang melelahkan. Jalan curam vertikal menuju bagian bawah Gua Jomblang membutuhkan keberanian, terutama untuk yang pertama kali mengunjunginya. Gua sejarah yang mengerikan memang membuat masyarakat setempat ketakutan. Banyak cerita menakutkan datang bersamaan dengan itu. Namun, saat sampai di dasar gua, semua rasa lelah dan ketakutan akan digantikan oleh rasa kagum akan keindahan Goa Jomblang.

Gua Jomblang adalah ciri gua vertikal yang secara diameter 50 m lebar dengan sisi vertikal bervariasi antara 60-80 meter. Karena mendapatkan cukup sinar matahari, di bagian bawah beberapa pohon tumbuh dengan subur seperti hutan bawah tanah dan di dinding karst tumbuh semak belukar.

Saat kita sampai di dasar gua, kita bisa beristirahat sebentar di sebuah bilik dari fenomena alam ini. Setelah beristirahat sejenak, penjelajah bisa melanjutkan perjalanan dengan menelusuri terowongan yang menghubungkan Gua Jomblang dengan gua vertikal lainnya yang diberi nama Grubug. Terowongannya cukup lebar dengan panjang sekitar 500 meter.

Tidak sulit melewati terowongan karena ada jalan berbatu. Kedua gua tersebut merupakan gua yang merupakan kombinasi jenis gua vertikal dan horisontal.

Jika kita bisa mencapai dasar Grubug pada pukul 01.00 WIB, pemandangan matahari menembus kegelapan abadi di bagian bawah Gua Grubug akan sangat menakjubkan. Sinar tersebut telah menyentuh sejumlah stalaktit dan stalagmit yang terbentuk dengan meneteskan air selama ribuan tahun. Sinar matahari masuk ke mulut gua Grubug dan satu gua stalagmit besar yang terletak di bagian bawah. Di sisi utara stalagmit besar, ada arus sungai yang berasal dari Kalisuci.

Goa Jomblang dan Grubug terletak di Kabupaten Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, 50 km tenggara Jogjakarta, sekitar 10 km dari Wonosari (ibu kota Kabupaten Gunung Kidul). Kami menyarankan untuk sampai di gua Jomblang dengan menggunakan kendaraan atau motor pengangkut barang pribadi dan akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota Jogjakarta. Letak gua itu di tengah ladang padi yang cukup menantang dengan bebatuan di sepanjang jalan menuju lokasi gua.

Greenery yang terletak di dasar Gua Jomblang Jogjakarta. Sinar masuk melalui pohon-pohon yang rimbun semakin menambah keunikan gua ini. Hutan ini sudah sangat tua dan cukup  indah sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi. Memiliki wisata gua yang unik, gua Jomblang di Indonesia tidak hanya terkenal dengan ‘surganya cahaya’ tapi juga hutan purba di dalamnya. Butuh waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai ke gua dengan berkendara dari kota Jogja ke daerah Gunung Kidul, Jogjakarta.

Perjalanan menuju dasar gua dimulai dari bibir gua, dengan lintasan pendek hanya membutuhkan waktu 15 menit kemudian disusul dengan tali sepanjang 20 meter. Untuk memasuki Gua Jomblang diperlukan keterampilan berpetualang, pejalan kaki juga disarankan dalam keadaan sehat dan fisik agar setiap kemungkinan sesuai dengan standar keamanan. Sesampainya di dasar Gua Jomblang Indonesia, wisatawan akan ditakjubkan melihat fenomena ciptaan Tuhan yang indah. Anda bisa melihat hijaunya hutan purba yang masih tumbuh subur dan terjaga keasliannya.

Hutan terbentuk karena proses geologi tanah ambruk seiring dengan vegetasi yang berada di atasnya sampai ke dasar bumi. Sampai sekarang, vegetasi di hutan ini terus tumbuh dan berkembang lebih indah di dasar gua. Sampai di tengah dinding gua, sejauh mata memandang kita melihat perbukitan karst dan pohon jati yang rimbun, sedangkan di perut Goa Jomblang ditata pemandangan hijau hutan sangat subur.

Berbagai lumut, pakis, semak-semak, sampai pohon-pohon besar tumbuh rapat. Hutan dengan vegetasi yang jauh berbeda dengan kondisi saat ini yang sering dikenal sebagai hutan purba. Begitu sampai di mulut gua, maka petualangan akan terus menuju Luweng Grubug dengan memasukkan mulut gua yang sangat besar.

Goa Jomblang dan Goa Grubug terhubung dengan lorong sepanjang 300 meter. Semakin jauh cahaya hilang, tapi kita bisa melihat berbagai ornamen indah yang menghias lorong ini dengan bantuan lampu senter dan arahan dari pemandu lokal yang menelusuri gua. Disini bentuk dinding lorong gua seperti batu kristal, stalaktit, dan stalagmit yang indah.

Tidak lama berjalan terdengar suara arus deras dan sinar terang di tengah kegelapan. Sambil menjelajahi Goa Jomblang Indonesia, disini kita juga bisa menjelajah ke Gua Grubug yang dihubungkan oleh lorong dengan panjang sekitar 300 meter. Gua ini berdiameter 5 meter dan tingginya 90 meter. Ketika menapakkan kaki di gua ini, Anda akan semakin takjub melihat sinar matahari eksotis yang masuk di antara pohon yang sering disebut cahaya surga oleh wisatawan.

Jomblang Resort

Untuk sampai di gua pengunjung harus berangkat pagi-pagi sekali dari pusat kota Jogja. Karena berkendara ke lokasi yang juga terkenal sebagai balapan yang menakjubkan membutuhkan waktu satu setengah sampai dua jam. Tiba di resort Jomblang sebagai pintu masuk dan kemudian mendaftar langsung ke petugas gua, membayar tiket masuk sesuai harga yang ditentukan.

Vertical cave

Anda harus mencoba menuruni goa dengan tali . Mencoba rappelling di gua Jomblang bisa mengangkat adrenaline Anda dan menjadi pengalaman terbaik sepanjang hidup yang tak terlupakan dari Tempat Rekreasi di Jogja ini.

Hutan kuning

Anda dapat melihat dua vegetasi yang berbeda antara tanah di atasnya dan bagian bawah gua. Sangat menarik, Anda merasa seperti tinggal di hutan seribu tahun yang lalu saat Anda mencapai dasar gua. Bisa Anda bayangkan keindahan Gua jomblang yang termasuk tempat rekreasi di Jogja yang terbaik.

Bagaimana dengan cahaya untuk pilihan terbaik Tempat Rekreasi di Jogja ini?

Anda bisa melihat cahaya terindah di dalam gua, The Heaven Light. Hal yang paling dicari oleh orang-orang yang mengunjungi gua ini. Waktu terbaik untuk melihat Heaven Light pukul 11.30 – 12.30 WIB.

Tempat Exotis

Anda mengunjungi tempat eksotis dengan pemandangan indah. Tenang dan damai. Anda juga bisa mendengar suara aliran air, burung dan suara gema. Tidak banyak air di permukaan, tapi begitu banyak air di dalam gua.

KEGIATAN OUTDOOR

Jika Anda menyukai olahraga di luar ruangan , Anda mungkin menyukai tempat ini. Anda perlu turun  gua dengan rappelling , lalu melakukan pemanjatan. Anda butuh banyak energi, keberanian dan konsentrasi untuk turun gua ini. Pilihan menarik bukan untuk Tempat Rekreasi Di Jogja ini?

Call Now