Home > TRAVEL > Pusat Wisata Jogja, di Siung Beach yang Sangat Indah untuk Dinikmati

Pusat Wisata Jogja, di Siung Beach yang Sangat Indah untuk Dinikmati

Pusat Wisata Jogja, di Siung Beach yang Sangat Indah untuk Dinikmati. Mungkin ini bisa menjadi pilihan liburan Tahun Baru Anda. Pantai Siung Beach merupakan salah satu wisata terbaik yang berada di kawasan Gunungkidul Jogjakarta. Pantai ini juga memiliki jutaan keindahan alam di dalamnya. Tempat ini bukanlah pantai yang cukup terkenal di antara pantai-pantai yang berada di kawasan Gunungkidul lainnya. Namun sebenarnya pantai ini memiliki potensi alam yang menakjubkan.

Pusat Wisata Jogja
Pusat Wisata Jogja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pusat Wisata Jogja, di Siung Beach ini memiliki keindahan alam yang  menakjubkan. Tetapi sayangnya, tempat ini belum diketahui oleh banyak orang dan tidak beitu populer. Siung beach terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta. Terletak cukup jauh dari pusat kota, untuk menempuh tempat ini kurang lebih membutuhkan beberapa jam dari pusat kota. Perjuangan menanti Anda yang ingin berkunjung ke Siung Beach Jogja, tapi semuanya akan dibayarkan setelah Anda datang ke daerah Pantai ini.

Apa yang menarik dari Siung Beach?

Nama pantai ini diambil dari bebatuan yang menyerupai gigi monyet cengkeh dengan bahasa Jawa. Karena sering ada monyet berekor panjang dari dataran tinggi berbatu, yang turun untuk mencari makanan. Maka dari itu, pantai ini disebut Siung Beach.

Pantai ini memiliki keindahan alam yang indah, bersih dan pasir putih yang membuat suasana menjadi lebih menarik untuk liburan. Selain keindahan pantainya, Anda juga akan diberi sebuah tampilan terumbu karang yang menjulang dan kokoh. Seringkali batu tinggi ini digunakan pengelola pesisir untuk olahraga panjat tebing. Cocok bagi anda yang  memiliki keberanian  ekstrim mencoba panjat tebing ini.

Selain panjat tebing, Anda juga bisa berkemah di bebatuan pantai. Jika Anda berkemah saat cuaca cerah, maka Anda bisa menikmati malam di atas gemerlap bintang di langit juga suara ombak air yang bergelombang. Tidak ada persyaratan khusus bagi para pengunjung yang ingin berkemah di pantai ini. Namun Anda hanya diberi pengertian untuk tidak sembarangan mendirikan kemah. Seperti tidak mencemari daerah pantai, baik dengan sampah atau dengan benda lain yang bisa merusak habitat kehidupan laut.

Jika Anda datang dengan banyak orang, Anda bisa menyewa rumah panggung kayu yang bisa menampung beberapa orang di dalamnya. Bagi Anda yang datang bersama keluarga besar, serta teman sekolah lama sangat cocok untuk menyewa rumah panggung ini sebagai tempat penginapan di Siung Beach.

Membuat foto prewedding di Siung Beach

Dengan keindahan Siung Beach Jogja, bisa juga digunakan sebagai lokasi pemotretan prewedding. Dengan perpaduan pantai alam, dan tebing yang tinggi, foto prewedding Anda akan terlihat sangat eksotis juga menakjubkan.

Pantai ini dilengkapi dengan fasilitas standar, yaitu tempat parkir, restoran dan warung makan. Siung Beach juga menyajikan kuliner khas Jogjakarta, mushola, serta toilet yang berada di mana mana. Tapi tidak ada penginapan seperti hotel di sekitar Siung Beach. Tapi Anda bisa menyewa tenda atau rumah susun untuk bermalam di pantai ini.

Rute penggunaan kendaraan untuk sampai ke Siung Beach

Untuk perjalanan, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi agar lebih efisien dan praktis. Jika Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, mungkin bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus untuk alat transportasi. Tapi bus sering menghabiskan banyak waktu dan terbuang sia-sia. Maka Anda harus menyewa kendaraan di pusat kota Jogjakarta misalnya pada rental Jogjacar. Anda bisa menyewa sepeda motor atau mobil untuk berwisata ke Siung Beach.

Rute termudah dengan jalan aspal halus yang paling nyaman untuk Anda gunakan adalah Jogjakarta – Wonosari melanjutkan rute Wonosari – Baron – Tepus. Rute lain, yaitu Jogjakarta – Imogiri – Gunung Kidul, dengan tantangan lebih berat juga jalan yang penuh dengan lubang. Sementara rute Wonogiri – Gunung Kidul jauh dari kota Jogjakarta.

Beratnya perjalanan akan akan terbayar saat Anda sampai di Siung Beach ini. Di sana Anda pasti akan merasa senang dan terhibur dengan pesona alam yang sangat indah. Anda juga akan merasa dibebaskan dari semua masalah dan merasa damai setelah sampai di pantai ini. Laut biru dan putih, pasir bersih akan menyembuhkan rasa lelah. Beberapa rumah kayu tersedia bagi pengunjung untuk berlindung atau beristirahat sejenak dengan teman sambil menikmati keindahan panorama pantai.

Keindahan terumbu karang Siung Beach

Salah satu daya tarik utama Siung Beach adalah terumbu karangnya. Terumbu karang yang sangat besar di bagian barat dan timur. Terumbu karang memiliki fungsi penting untuk menambah keindahan pemandangan pada pusat wisata Jogja, di Siung Beach ini.

Terumbu karang yang bentuknya menyerupai taring monyet dan agak menonjol sedikit ke laut. Nama pantai ini diambil dari bentuk terumbu karang yang menyerupai bentuk tengkorak seekor monyet. Terumbu karang tetap indah untuk dinikmati dengan ombak yang terkadang menabrak garis pantai dan air laut meresap melalui rongganya.

Sebagian besar masyarakat di daerah Siung mencari nafkah dengan menghasilkan garam. Mereka mengandalkan kehidupan mereka di atas air laut karena memiliki kekayaan alam yang melimpah. Garam yang diproduksi oleh masyarakat setempat, menjadi komoditas utama di pasar Winangun. Meski laut kaya akan berbagai jenis ikan, tidak banyak penduduk lokal yang berani berlayar disana. Kebanyakan dari mereka hanya menangkap ikan di perairan dangkal.

Panjat tebing pada wisata Siung Beach

Selama masa vakum, keindahan terumbu karang di Pantai Siung semakin populer. Karena ada sekelompok pecinta alam asing memanfaatkan tebing karang di sebelah barat pantai sebagai ajang pendakian tebing. Pada beberapa tahun kemudian ada kompetisi Asian Climbing Gathering yang memanfaatkan tebing karang di Siung Beach. Sejak saat itu, popularitas Siung Beach mulai kembali.

Dengan beberapa rute pendakian, kini tersedia di Siung Beach untuk memudahkan pecinta olah raga panjat tebing. Mengacu pada peraturan bahwa rute yang ada dapat ditambahkan dengan persetujuan dari pembuat jalur sebelumnya. Banyak kelompok yang memanfaatkan rute pendakian di pantai ini, seperti sekelompok pelajar dari universitas setempat yang hendak mendaki saat datang mengunjungi pantai ini.

Bagaimana fasilitas pada pusat wisata Jogja, di Siung Beach?

Fasilitas lainnya yang mendukung kegiatan pendakian tebing adalah camping ground di bagian timur pantai. Tenda dipasang di camping ground dan api bisa diatur untuk bermalam. Satu-satunya persyaratan untuk berkemah adalah tidak boleh ada yang merusak lingkungan dan mengganggu habitat penyu pada papan pengumuman di sana.

Dekat dengan camping ground, sebuah rumah panggung kayu dapat difungsikan untuk base camp sebagai pilihan selain mendirikan tenda.  Rumah panggung memungkinkan pengunjung mendapatkan pemandangan pantai eksotis yang lebih luas. Anda hanya perlu mendapat izin dari masyarakat setempat dan membayar sejumlah uang untuk menggunakan rumah panggung.

Berdasarkan apa yang orang bijak jelaskan, kemakmuran dan kejayaan Siung Beach akan segera datang. Kunjungan lebih banyak orang dan meningkatnya popularitas sebagai ajang tebing mendaki Siung Beach pergerakan pantai ini menunjukkan kepopuleran Siung Beach telah dimulai. Kunjungan wisatawan, termasuk Anda, pastinya akan menambah popularitas pantai ini. Tentu dengan pergi ke pusat wisata Jogja, di Siung Beach ini akan membantu pendapatan masyarakat disana.

Call Now