Home > TRAVEL > Pariwisata Jogja di Candi Prambanan dengan Bangunan yang Fenomenal

Pariwisata Jogja di Candi Prambanan dengan Bangunan yang Fenomenal

Pariwisata Jogja di Candi Prambanan dengan Bangunan yang Fenomenal, yap mungkin ini yang akan Anda kunjungi dijadwal liburan Anda selanjutnya. Candi Prambanan, seperti yang diketahui sekarang ini adalah nama yang diberikan pada kompleks beberapa santuaries Dewa Siwa. Sebenarnya, lebih tepat menyebutnya candi Siwa (Candi Siwa) sesuai dengan karakter candi yang sebenarnya. Beberapa tempat suci di kompleks telah diaktifkan kembali, namun sebagian besar berada dalam reruntuhan.

Pariwisata Jogja
Pariwisata Jogja

Pariwisata Jogja di Candi Prambanan ini banyak memiliki cerita sejarah yang sangat fenomenal di kalangan masyarakat Jogja. Ada ratusan candi di kompleks Candi Siwa baik besar maupun kecil. Tapi mayoritas dari beberapa bangunan telah memburuk. Dan yang tersisa hanya serakan batu reruntuhan. Kompleks sakral ini dapat dibagi menjadi bebrapa kelompok. Keindahan dan nilai estetik tinggi setiap candi dibangun untuk membentuk bangunan yang sesuai.

CANDI SIWA

Candi yang terletak ditengah kompleks Prambanan disebut Candi Siwa, atau dikenal luas sebagai candi Roro Jonggrang. Ini disebut sebagai Candi Siwa karena di dalam kuil itu kita menemukan sebuah patung Dewa Siwa yang besar dan memiliki arti penting. Yang menandakan bahwa Siwa adalah Tuhan yang sangat dimuliakan oleh kepercayaan (keimanan Trimurti).

Trimurti adalah pemujaan terhadap Trinitas Dewa yaitu Siwa, Brahma dan Wisnu. Patung Siwa yang paling penting ditemukan di ruang terbesar di kuil tengah. Di ruangan-ruangan kecil lainnya, kita melihat patung Siwa sebagai Mahaguru (yang terbesar) dari beberapa patung Ganesha, dewa dengan kepala gajah yang melambangkan kebahagiaan, dan pasangan Siwa sebagai penguasa alam semesta. Sering kali wisatawan dari luar kota berkunjung ketempat ini menggunakan mobil rental untuk sampai ke tempat tujuan.

CANDI BRAHMA

Bangunan ini lebih kecil dari Candi Siwa, karena bangunan Siwa adalah candi utama. Candi Brahma hanya memiliki satu pintu masuk sekaligus satu bilik berisi patung Tuhan. Patung Brahma ini digambarkan dengan empat kepala. Sungguh indah tapi sayangnya sudah sedikit rusak bangunannya.

CANDI WISNU

Pura lainnya di dekat Candi Siwa adalah candi Wisnu. Ukurannya sama dengan Candi Brahma. Satu-satunya ruang yang ditemukan di candi ini berisi patung Dewa Wisnu. Wisnu digambarkan memiliki empat tangan, dengan sebuah senjata, tiram dan cakra yang secara khas dikaitkan dengan Dewa Wisnu.

Legenda Candi Prambanan

Memasuki salah satu ruangan candi utama (Candi Siwa) kita akan menemukan patung seorang putri yang sangat cantik, Roro Jonggrang. Menurut legenda, Rara Jonggrang adalah putri dari Kerajaan Boko, yang dikutuk menjadi sebuah patung. Legenda tersebut juga mengatakan bahwa seorang pria muda yang tangguh bernama Bandung Bondowoso ingin menikahi Rara Jonggrang.

Karena dia tidak mencintainya, dia mencoba menghindari perkawinan dengan meminta Bandung Bondowoso untuk memberikan hadiah. Dia hanya akan menikahinya jika dia benar-benar orang yang hebat.

Untuk membuktikan kekuatannya, Bandung Bondowoso diminta membangun seribu candi dalam satu malam. Memiliki kekuatan supernatural, ia hampir menyelesaikan tugasnya dengan cepat, namun Roro Jonggrang mencegah pencapaian yang sangat bagus ini.

Roro Jonggrang bertanya pada gadis-gadis di desa timur kuil untuk membakar jerami dan mengolah nasi agar menimbulkan situasi seperti waktu fajar untuk matahari terbit. Jadi ketika mulai berkokok, semua makhluk gaib lari karena mereka mengira sudah subuh. Karena tidak mampu mengendalikan kemarahannya, Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung yang kini melengkapi bangunan candi yang dibutuhkan.

Kompleks Candi Prambanan

Prambanan awalnya adalah kompleks dari beberapa kuil. Sebagian besar telah hancur atau memburuk, dengan kuil-kuil yang masih berdiri. Tetapi jangan khawatir untuk ini beberapa tahun yang lalu Candi Prambanan telah mengalami beberapa kali pemugaran. Sehingga bangunan candi terus diperbaiki dan dibuat sedimikian rupa dengan bentuk semula.

Mungkin wilayah yang sedikit jauh dari kota menjadi kendala untuk Anda sampai ke Prambanan. Jika mengalami kesusahan untuk mengakses Candi Prambanan Anda bisa menyewa kendaraan misalnya perusahaan mobil rental Jogjacar. Sehingga mungkin keleluasan dalam perjalanan yang bisa Anda dapatkan disini.

Candi Prambanan memiliki wilayah yang sangat luas, dibuat menjadi 2 bagian daerah. Sehingga ini akan memudahkan Anda untuk mengelilingi daerah Candi tanpa harus tersesat. Berikut beberapa zona Prambanan yang harus Anda ketahui.

Zona dalam

Ini adalah area paling populer dan tersuci di kompleks. Terdiri dari beberapa kuil besar dan kuil kecil di atas bangunan yang tinggi. 3 tempat suci utama didedikasikan untuk Brahma Sang Pencipta, Wisnu Penjaga & Siwa Perusak. Seringkali di bagian ini ramai pengunjung dan paling banyak digunakan untuk spot foto.

Candi Shiva Mahadeva

Candi Shiva Mahadeva adalah candi terbesar di Prambanan, dengan puncak utamanya mencapai ketinggian puluhan meter. Cukup tinggi dan indah kan? Daman yang didedikasikan untuk Dewa Shiwa sebagai perusak, menampilkan relief Ramayana yang berukir, mereka menceritakan bagaimana istri Raja Rama, Sinta, diculik dan bagaimana Hanuman (dewa monyet) & Sugriwa (jenderal monyet putih) menemukan dan melepaskannya.

Jika mengikuti ceritanya, mulai dari puncak tangga utama timur dengan mengelilingi dinding searah jarum jam. Candi Shiva Mahadeva adalah bangunan tertinggi di Prambanan. Biasanya di zona ini beberapa sejarawan lokal maupun internasional membaca dan mendalami cerita dari Candi Prambanan ini. Jadi mungkin Anda akan memiliki banyak ilmu dengan mengunjungi daerah Candi SHIWA.

Zona luar

Zona luar ini memiliki beberapa baris dari ratusan tempat suci yang identik. Beberapa telah dipulihkan sepenuhnya. Namun kebanyakan terbengkalai. Sering kali di zona ini dijumpai beberapa kuil yang disebut Candi Perwara dan Kuil Wali. Pariwisata Jogja di Candi Prambanan ini memiliki bangunan artistik yang  cukup banyak untuk Anda kunjungi.

Mungkin Perjalanan disini Anda akan diuji karna Prambanan memiliki zona luar yang sangat luas. Sebaiknya menggunakan kereta mini untuk menikmati lahan prambanan yang sangat luas.

Candi Sewu

Candi Sewu, atau “Seribu Pura”, terdiri dari sebuah kuil tengah besar yang dikelilingi oleh 4 lingkaran dari 240 kuil “penjaga” yang lebih kecil. Telah direnovasi baru-baru ini tapi sebagian besar masih dalam reruntuhan. Disini Anda akan melihat keindahan yang tidak bisa dilihat pada Candi yang lain.

Banyaknya jumlah  Candi Sewu yang mungkin membuat Anda tercengang. Serta bangunan artistik yang indah dengan goresan dan pahatan yang mungkin tidak bisa dibuat oleh manusia. Pada Candi Sewu memiliki banyak cerita sejarah di jaman kerajaan. Sebaiknya di zona luar Anda menghabiskan lebih banyak waktu dengan beberapa Candi yang tidak akan dijumpai ditempat lain.

Bagaimana Letak Candi Sewu pada Pariwisata Jogja di Candi Prambanan Ini?

Candi Sewu berjarak 1 km utara Candi Shiva Mahadeva. Ini jarang dikunjungi oleh wisatawan tapi pasti layak untuk perjalanan singkat, atau Anda bisa naik kereta mainan. Candi Sewu adalah monumen yang sangat besar dengan bangunan yang diukir halus di sekitar galeri dalam, Bangunan ini hampir sama  dengan stupa gaya serupa yang ditemukan di Borobudur.

Bangunan Candi yang langka dan menarik

Yap mungkin ini alasan utama Anda bukan untuk mengunjungi lokasi Prambanan. Tapi jarak yang sedikit jauh dari kota tentu bukan halangan untuk menuju kedaerah ini. Menaiki transportasi umum seperti bus dan angkutan umum sangat tidak efektif untuk jadwal liburan Anda.

Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan sewa misalnya rental mobil Jogja yang memiliki testimoni bagus dikalangan masyarakat. Mungkin dengan membaca semua referensi menarik mengenai Pariwisata Jogja di Candi Prambanan bisa menjadi pilian utama dalam jadwal liburan Anda selanjutnya.

Rental mobil Jogja Jogjacar.com

Alamat:

Call Now