Home > Uncategorized > Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan Jogja

kebun buah mangunan Liburan Jogja Dengan Rental Mobil Jogja

Negri di atas awan adalah sebutan lain dari kebun buah Mangunan ini. Karena kita kalau ke Puncak Kebun Buah Mangunan saat pagi hari kita akan menemukan kabut pagi dan seakan menyerupai awan di sekeliling kita.Wisata Kebun Buah Mangunan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Kebun Buah Mangunan ini memang belum banyak dikenal oleh masyarakat luas jika dibanding dengan objek wisata lainnya seperti Prambanan, Malioboro dan objek wisata Jogja yang terkenal lainnya. Padahal jika dilihat dari pesona keindahan alamnya, kebun buah Mangunan ini memiliki potensi wisata yang sangat besar. Mungkin hanya foto di atas saja yang bisa menggambarkan secara lebih nyata bagaimana keindahan yang dimiliki oleh Kebun Buah Mangunan Dlingo ini. Luar biasa!! Kebanyakan yang sering berkunjung di kebun buah ini adalah kalangan mahasiswa yang berkuliah di Jogja.

kebun buah mangunan
kebun buah mangunan

Tetapi meskipun begitu, ada juga wisatawan yang datang dari luar kota Jogja, seperti Semarang, Bandung, Malang, Surabaya dan kota lainnya. Kebun buah Mangunan Bantul ini mulai popular awalnya dari para pengguna jejaring sosial Instagram yang berfoto ria dikawasan kebun buah mangunan. Sehingga menjadi trending picture dikalangan para instagramers. Dari kebun buah Mangunan ini kita bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah karena letaknya di atas perbukitan, menjadikan kita merasa sedang ada di suatu puncak gunung. Bahkan jika kita sedang beruntung kita bisa menikmati kumpulan awan yang menggumpal di kaki bukit tepat berada di bawah kita.Udaranya sejuk dan pemandangannya luar biasa. Kebun Buah mangunan terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasi ini berjarak sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul dan 35 km dari pusat kota jogja. Lokasi ini mulai dibangun oleh Permerintah Kabupaten Bantul pada Tahun 2003 di atas seluas 23,3415 hektar pada ketinggian 150-200m diatas permukaan laut. Titik ketinggian tersebut membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk serta pemandangan pegunungan seribu.Bisa melihat pantai Parangtritis dan kota Bantul dari satu lokasi. Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat indah dari Kebun Buah Mangunan yaitu pantai parang tritis pada bagian selatan, pemandangan Kota Bantul yang berada di bagian barat serta keelokan sungai Oya yang sangat curam. Banyak populasi monyet yang juga terdapat di lokasi ini dapat menjadi salah satu potensi wisata.Bisa berlibur sekaligus mempelajari tumbuh-tumbuhan secara langsung. Potensi wisata yang bisa dilakukan wisatawan di sini adalah mengamati berbagai macam buah-buahan yang ditata dengan apik sesuai dengan kondisi kemiringan bukit mangunan antara lain  durian, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, duku, serta manggis. Di samping itu terdapat pula buah-buahan lain yang jumlahnya relatif sedikit seperti  matoa, kelengkeng, jambu biji, cempedak dan belimbing. Untuk menambah kesejukan selain tanaman buah-buahan terdapat pula tanaman jati, king grass, pagar hidup berupa salak, magium dan pinus.Melihat proses pembibitan sapi. Tujuan dari adanya pembibitan sapi ini yaitu selain untuk menambah populasi ternak sapi juga agar terjadi siklus yang berkesinambungan antara ternak sapi yang menghasilkan pupuk kandang untuk pemeliharaan tanaman buah-buahan di Kebun Buah Mangunan.

  •  

    kebun buah mangunan
    kebun buah mangunan

Terletak pada ketinggian 150 – 200 mdpl, Kebun Buah Mangunan tidak hanya menyajikan deretan pohon buah-buahan yang tertata apik. Di tempat ini wisatawan dapat menyaksikan keelokan Sungai Oyo yang mengalir meliuk membelah perbukitan. Berwisata ke kebun buah bersama keluarga tentunya akan menjadi hal yang snagat menyenangkan. Apalagi jika bertepatan dengan musim panen buah sehingga anggota keluarga bisa bersama-sama memanen buah-buahan yang ada. Di Yogyakarta, tepatnya di daerah Mangunan, Bantul juga terdapat tempat rekreasi menarik bernama Kebun Buah Mangunan. Deretan pohon buah-buahan menghiasi bukit seluas 23 hektar ini. Penataannya pun cukup menarik, yaitu disesuaikan dengan kontur kemiringan bukit. Pohon buah yang ada di tempat ini antara lain durian, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, matoa, jambu biji, cempedak, kelengkeng, manggis, dan masih banyak lagi. Namun bagi sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Kebun Buah Mangunan, sejatinya bukan pohon buah yang menjadi tujuan utama kunjungan mereka, melainkan sebuah spot menarik di puncak bukit Mangunan. Di puncak bukit yang dikelilingi pagar kayu ini wisatawan bisa menyaksikan keelokan Sungai Oyo yang mengular membelah bukit. Sepintas lihat pemandangan tersebut seperti Sungai Amazon di Brazil. Jika datang di pagi hari, Ngarai Sungai Oyo biasanya tertutup kabut putih. Hamparan hutan yang hijau dengan kabut putih yang meliuk-liuk memenuhi permukaan sungai tentu saja menjadi pemandangan eksotik. Saat senja menjelang, pengunjung bisa menyaksikan sunset keemasan yang sangat indah. Untuk berwisata di Kebun Buah Mangunan wisatawan cukup merogoh kocek Rp 5.000 per orang. Fasilitas yang ada di tempat ini antara lain camping ground, homestay, gardu pandang, gazebo, play ground yang dilengkapi kandang rusa, dan tempat pembibitan tanaman. Di kebun buah Mangunan ini, kita juga bisa menikmati bermacam-macam buah-buahan seperti, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, duku, manggis, matoa, kelengkeng, jambu biji, cempedak, belimbing bahkan durian juga ada tapi – tentunya menyesuaikan dengan musimnya. Harganya pun cukup terjangkau, misal, untuk buah mangga perkilonya dibanderol Rp. 5.000, rambutan Rp. 4.000,-/kg, jeruk Rp. 5.000,-/kg, jambu air Rp. 2.000,-/kg durian dengan ukuran kecil Rp, 15.000,-/buah, durian sedang Rp. 25.000 dan durian besar Rp. 50.000,-.

kebun buah mangunan
kebun buah mangunan
Alamat Kebuh Buah Mangunan adalah terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta atau sekitar 35 km dari pusat kota Yogyakarta. Agrowisata ini dibangun di atas area seluas 23,34 hektar pada tahun 2003 oleh Permerintah Kabupaten Bantul. Lokasi ini berada di kawasan perbukitan kaki Pegunungan Seribu dengan ketinggian 150-200m di atas permukaan laut. Untuk menuju ke lokasi Kebun Buah Mangunan, kita bisa langsung mengambil jalan lingkar (ring road) selatan kemudian berbelok ke arah selatan ke jalan Imogiri Timur di perempatan terminal Giwangan Jogja. Jadi jika kamu menggunakan bis, bisa langsung menggunakan bis jurusan Terminal – Dlingo. Berjalanlah terus mengikuti jalan Imogiri Timur sampai di perempatan jalan Bakulan (terdapat papan petunjuk Kebun Buah Mangunan). Berbeloklah ke arah kiri dan ikuti terus jalan tersebut hingga bertemu dengan tugu bertuliskan Kebun Buah Mangunan. Karena belum ada kendaraan umum yang langsung menuju ke area kebun buah Mangunan, jadi sebaiknya gunakan kendaraan pribadi.   Selain dapat puas menikmati buah-buahan yang tersedia, di kebun buah Mangunan ini kita juga dapat menikmati aktivitas wisata lain seperti:
  1. Outbond. Anda bisa menikmati kegiatan Outbond yang meliputi flying fox, reflying, dan jembatan goyang dengan harga per paket untuk 10 orang adalah Rp.200.000,-. Jika Anda membutuhkan tambahan tempat untuk kegiatan indoor, Anda bisa menyewa gedung yang tersedia dengan tarif Rp. 100.000,- untuk 1 – 50 orang dengan durasi sewa 6 jam.
  2. Memancing. Di tempat ini juga terdapat kolam pemancingan dengan tarif Rp. 2.000,- per orang untuk durasi sehari.
  3. Berkemah. Bagi para guru pramuka atau pecinta alam, area kebun buah Mangunan dapat dijadikan sebagai referensi untuk mengadakan kegiatan camping. Untuk berkemah di area ini, kita dikenakan biaya Rp.5000,- untuk setiap orang setiap harinya.
  4. Berenang. Di kebun buah Mangunan juga terdapat 2 pool kolam renang anak. Jadi jika Anda ingin bermain air dengan buah hati, bisa berenang di sana dengan tarif Rp.2.000/per orang untuk durasi satu jam.
  5. Bebek Kayuh. Terdapat kolam dengan perahu bebek yang dapat ditumpangi 2 oleh orang.
  6. Sepeda Gunung Bagi pecinta sepeda gunung, di kebun buah Mangunan terdapat lintasan sepanjang 2.300 meter yang disediakan khusus untuk downhill. Dan lintasan sepanjang 3.800 meter untuk kelas Cross Country. Sewa lintasan downhill atau cross country untuk 5 orang Rp. 50.000,-.
  7. Jembatan Gantung. Jembatan gantung dengan panjang kurang lebih 100 meter ini melintang di atas sungai Opak. Namun Anda harus berhati-hati dan siap-siap dag dig dug karena jembatan ini akan mudah bergoyang ketika ada goncangan.
Rental mobil Jogja Jogjacar.com
Alamatperum soka asri permai f15 purwomartani, kalasan, sleman, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

Jam buka

Hari ini buka · Buka 24 jam
 

Telepon0811-258-168

Call Now